Berapa Banyak Perbandingan Semen, Pasir dan Split Untuk Cor Beton

7586 kali dilihat

Kekuatan beton bisa di dapat secara maksimal bila jenis semen dan perbandingan semen tepat. Seperti kita ketahui, terdapat beberapa jenis semen dan kegunaan untuk berbagai peruntukan. Sebagai contoh bila kita membangun rumah ditanah rawa yang memiliki kadar sulfat dan keasaman yang tinggi, maka kita harus menggunakan Semen Portland Jenis V. Jika kita menggunakan semen Portland biasa, maka kekuatan beton akan tergerus sedikit demi sedikit oleh sulfat dan asam. Begitu juga dengan perbandingannya, termasuk perbandingan pasir dan batu split yang tepat.

Sedangkan jika kita lihat dari segi biaya, pemilihan jenis semen yang tepat akan membuat biaya kita maksimal. Namun jika sebaliknya hanya akan membuat anggaran kita membengkak, begitu juga dengan perbandingan semen, pasir dan split untuk cor beton yang tepat.

Berapa Banyak Perbandingan Semen, Pasir dan Split Untuk Cor Beton

Ketentuan yang berlaku di Indonesia dalam perbandingan semen, pasir dan split untuk cor beton adalah menurut berat masing-masing bahan. Berarti jika perbandingannya adalah 1:2:3 untuk Semen : Pasir : Split, perbandingannya adalah 1 kg semen : 2 kg pasir : 3 kg split. Namun dalam perkerjaan di lapangan, biasanya perbandingan yang berlaku adalah menurut Volume. Jadi bila perbandingannya 1:2:3, maka perbandingan fisiknya adalah 1 m3 semen : 2 m3 pasir : 3 m3 split.

Pada prakteknya di lapangan, para tukang bangunan biasa menggunakan berbagai media yang sesuai volumenya sebagai alat perbandingan. Alat yang biasa di pakai sebagai takaran perbandingan adalah ember, sekop, pengki hingga dolak. Yang terpenting adalah perbandingannya harus pas! Misalkan menggunakan sekop, maka 1 sekop semen : 2 sekop pasir : 3 sekop batu split.

Patokan utama dari semua alat tersebut adalah 1 zak semen, semua perbandingan selalu mengikuti patokan semen ini. Berikut adalah beberapa perbandingan semen.

1 zak semen = 5 sekop pengki
1 zak semen = 1 dolak
1 zak semen = 0,024 m3 (ini merupakan zak semen ukuran 50kg yaitu 10 cm x 40 cm x 60 cm)

Dari sini kita sudah bisa menentukan perbandingan semen, pasir dan split yang tepat. Yang terpenting adalah tentukan dahulu mutu beton yang akan kita buat, misal kita memakai mutu beton 1:2:3 bisa kita pakai 1 sekop semen : 2 sekop pasir : 3 sekop batu split.u sedangkan untuk mutu beton SNI biasanya dimulai dengan hurup K, seperti K 100 adalah semen 247 : pasir 869 : batu split 999 : air 215.

Contacts

Head Office :

Ruko Centre Point

 

Blok H1/2

Kel. Gang Buntu, Kec. Medan Timur

Kota Medan

061-80510671

061-6871258

kraton@kreasibeton.com

Mon - Fri: 8:00 am - 5:00 pm
Sat: 8:00 am - 12:00 pm

About Company

Know more about our company

About Page

Follow Us